Rabu, 31 Oktober 2012

PERBEDAAN & KELEBIHAN serta KEKURANGAN GMAIL dan YAHOO MAIL


PERBEDAAN  & KELEBIHAN serta KEKURANGAN GMAIL dan YAHOO MAIL

                                                                                          
Gmail

Gmail mendapatkan acungan jempol untuk kecepatan, kemudahan penggunaan, iklan teks tidak mengganggu dan fitur-fitur gratis yang sangat baik. Sama seperti Google Search, Gmail mesin pencari adalah sangat efisien. logo gmail Ditambah dengan penggunaan label berwarna menetapkan beberapa email individu yang
terkait secara otomatis mengatur pesan ke dalam threads, mencari dari banyak email tidak pernah lebih mudah. Pengguna bahkan dapat menggunakan Gmail secara independen, tak terhubung ke Internet, atau mengakses desktop melalui software email seperti Outlook, Windows Mail atau Apple Mail. Meskipun pengguna mungkin perlu waktu untuk membiasakan diri dengan antarmuka, Anda akan akhirnya belajar untuk menghargai lebih. Gmail juga fitur sinkronisasi otomatis dengan dukungan IMAP. Gmail adalah satu-satunya penyedia webmail gratis yang dapat mendukung pengiriman 20 MB dalam satu pesan email. Iklan yang ditampilkan di Gmail dibatasi untuk pesan teks saja, tidak seperti iklan menonjol di Yahoo! Mail. Dan dengan Gmail Lab, itu lebih berguna terus menambahkan fitur-fitur baru seperti akses offline, batalkan dikirim mail, auto-complete, dll melihat beberapa kotak masuk




Kelebihan dan Kekurangan Yahoo
Kelebihan :
1. sebagai surat menyurat
2. salah satu web yang menyediakan fasilitas gratis
3. banyak fasilitas yang disediakan
4. berhubungan dengan orang lain lebih mudah dan banyak yang menanggapi karna termasuk situs local
5. Yahoo mengeluarkan fitur Yahoo! Messenger via Yahoo! Mail sehingga pengguna email Yahoo dapat ber-messenger ria ketika sedang membuka email.


kekurangan :
1. Satu id yahoo hanya untuk yahoo, tak bisa untuk produk windows, seperti IM dan msn
2. sering disalahgunakan karna terlalu mudah membuat ID
3. Skin untuk YM masih sangat simple, tak seperti IM yang ada cukup banyak
Yahoo! Mail


Yahoo! Mail saat ini satu-satunya penyedia webmail menawarkan penyimpanan tidak terbatas. Perbedaan utama antara Yahoo! dan Gmail mendidih ke antarmuka layar mereka. Mereka yang lebih suka drag-and-drop folder seperti kebanyakan program email akan menemukan bahwa Yahoo! Mail sangat user-friendly dan mudah dipelajari. yahoo mailAds di Yahoo Mail versi gratis dapat agak mengganggu dan penyaringan spam miskin tidak membantu lebih baik. Untuk USD20 per tahun, pengguna dapat meng-upgrade ke Yahoo! Mail Plus untuk menghindari masalah-masalah di atas. Versi dibayar ini juga menambahkan dukungan POP, yang memungkinkan pengguna untuk meneruskan email ke account lain.
Kecepatan
Jika dilihat dari segi kecepatan, harus diakui bahwa Gmail lebih cepat daripada Yahoo mail. Untuk login, seakan Gmail melesat tanpa hambatan, sedangkan Yahoo seringkali agak lambat (meskipun koneksi kenceng). Bagi kamu yang koneksi internet-nya tidak stabil atau sering nge-net di warnet, kamu bisa lihat sendiri perbandingannya. Dan satu lagi, kecepatan Gmail dalam menerima Email menurut saya cukup cepat. Jika kita tetap login dan berada di halaman account, kita tidak perlu me-refresh halaman untuk melihat apakah ada Email masuk atau tidak. Sedangkan Yahoo mail, terkadang kita perlu me-refresh halaman kembali untuk melihat apakah ada Email baru yang masuk.
Keamanan
Jika kita feedback lagi kebelakang, seperti informasi yang saya dapatkan bahwa banyak pihak yang menyarankan kepada pihak Google untuk menggunakan versi aman protocol untuk memproteksi Gmail. Data yang tidak terenkripsi ketika login ke Gmail dapat menjadi sebuah celah bagi pihak lain untuk mencuri identitas yang ada pada account Gmail kita.
Trus bagaimana dengan sekarang? I don’t know… Tapi hal tersebut akan menghilang seiring dengan waktu serta kenyataan yang sebenarnya dari para pengguna. Sedangkan Yahoo mail telah mengantisipasi hal ini sejak lama, ditambah pula pihak Yahoo mewajibkan pengguna mengisi email optional serta pertanyaan rahasia untuk memberikan proteksi jika terjadi hal yang tidak diinginkan bagi pemilik acoount. Di sisi lain, Gmail memberikan proteksi Email spam yang lebih baik ketimbang Yahoo mail. Maka, dalam hal keamanan, diantara keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya.
Kapasitas penyimpanan
Gmail memiliki kapasitas penyimpanan (storage) yang terbatas. Sedangkan Yahoo memberikan kapasitas penyimpanan yang tidak terbatas.

 Kelebihan dan Kekurangan Gmail
·      Kelebihan GMail

Hampir mirip dengan aplikasi desktop email seperti Microsoft Outlook (Windows), Apple Mail (Mac), dan Microsoft Entourage (Mac). GMail bisa menyortir email, memfilter email, kategorisasi email, dan menulis email. GMail hanya membutuhkan koneksi internet yang ringan dan stabil. Dial-up bisa, asalkan tidak tersendat-sendat.

Kapasitas Nyaris Tak Terbatas. Selama hampir 3 tahun menggunakan GMail tanpa menghapus satupun email, masih kurang dari 15% kapasitas yang terpakai. Jadi GMail tidak ada bedanya dengan email berkapasitas tanpa batas.

Fasilitas Search. Anda tahu betapa hebatnya Google Search? Google mengaplikasikan kemampuan Google Search ke dalam GMail untuk mencari email anda yang sangat banyak.

Terintegrasi dengan Aplikasi Google Lainnya. Beberapa di antaranya adalah Google Docs and Spreadsheet dan Google Calendar. Ketika anda menerima email dengan attachment berupa file Word dan Excel, maka anda langsung dapat membacanya via Google Docs and Spreadsheet. Ketika anda menerima undangan rapat, anda bisa langsung menyimpan ke Google Calendar.
Chatting dengan Google Talk. Jika rekan anda online dan juga menggunakan GMail, anda bisa Chat dan log-nya dapat dicari menggunakan fasilitas search.

POP dan Forwarding. Ya, Google tidak se-egois pesaingnya yang hanya membuka fasilitas POP dan forwarding hanya kepada pengguna yang membayar. Bagi yang tidak tahu: POP untuk meng-download email dari GMail ke komputer rumah anda sehingga dapat anda baca offline, Forwarding untuk mengirimkan email yang masuk ke GMail ke email lain secara otomatis. Hebatnya lagi, GMail dapat meng-download email dari penyedia email lain yang menyediakan fasilitas POP.

Filter dan Label. GMail menyediakan fasilitas filtering dan labeling secara otomatis bagi email yang baru masuk. Label dapat dianalogikan seperti Direktori dalam harddisk. Jadi dengan aturan yang sudah anda tetapkan pada Filter, maka email yang masuk otomatis langsung menuju Label yang anda tentukan. Contoh: email dari alamat email pasangan langsung masuk ke Label "My Love".

Kerja Sama Anti-Spam. Jika anda menemukan email spam yang tidak dikenal di Inbox anda, tinggal menekan tombol "Report Spam", maka alamat email tersebut dikenali oleh GMail dan langsung memfilter alamat email yang sama dari Inbox orang lain.

Google Desktop. Bisa mencari email pada GMail anda tanpa membuka Web Browser.
Google Apps. Merupakan fasilitas paling rumit dan membutuhkan bantuan tangan IT Professional yang pernah pengalaman menangani. Kelebihannya adalah GMail dapat diimplementasikan ke dalam domain milik anda atau perusahaan anda. Jadi anda buka email personal atau office menggunakan seluruh fasilitas GMail.

Dengan akun Gmail kita bisa registrasi banyak user hanya dengan 1 akun email aja
seprti registrasi webhosting,facebook,myspace,paypal,dll. Gmail memang sangat menarik dari segi fiturnya dan dari segi penggunanya juga semakin bertambah, dari mulai kostumisasi skin, hingga kemudahan untuk melacak email yang memiliki kesamaan tema.

                          kekurangan :

Tidak ada menu drag and drop. Fitur drag and drop email telah support di Yahoo, namun tidak di Gmail. Tampaknya sederhana, namun pada dasarnya user akan lebih senang yang praktis, ketimbang harus me-check semua email dan kemudian memilih folder lainnya ketika memindahkan sebuah email.

Fitur delete. Memang shortcut keyboard sudah ada di Gmail, namun untuk shortcut penghapusan email bukan berupa tombol yang biasa digunakan, yakni “Delete” di keyboard, malah tombol “#”.

Fitur label. Gmail tidak menyediakan fasilitas pembuatan folder baru, tapi hanya berupa penberian label baru di masing-masing email. Fasilitas ini memiliki kelemahan yakni email masih akan tetap tampil di kotak inbox.

Scan email. Gmail memang melakukan scanning email di semua inbox, sehingga Google dapat memasang iklan yang tepat sasaran. Oleh karena itu, email user bisa dibaca orang lain, dan pemilik inbox tidak bisa berbuat apa-apa, mengingat itu semua adalah layanan dari Gmail.

Statis signature. Layanan email lain masih memberikan fasilitas membuat lebih dari satu signature untuk banyak alamat email. Namun, di Gmail user harus repot mengganti signature secara manual setiap alamat email yang berbeda.

1 komentar:

  1. Alamat Gmail n IATA laluan baru faizaladeni 1987@gmail.com
    Katalaluan:faizal 1987
    Window live massager account:
    Email:faizaldabai@hot mail.com
    Katalaluan:Faisal 87

    BalasHapus